Saturday, March 28, 2015

Hubungan mata kuliah bahasa inggris dengan mata kuliah manajemen

Bahasa Inggris adalah bahasa dominan, bahkan ditetapkan sebagai bahasa internasional dalam bidang komunikasi. Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi kebutuhan dalam sejumlah bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi misalnya manajer, sales promotion & administrator; sebagai akibatnya, lebih dari satu miliar orang di dunia bisa berbahasa Inggris setidaknya pada tingkat dasar.

Kemampuan bahasa Inggris yang memadai dibutuhkan saat bekerja kelak, terutama saat berhubungan dengan komputer, internet, atau surat-menyurat dengan pihak asing. Basaha Inggris juga bermanfaat pada saat melakukan komunikasi atau sosialisasi dalam perusahaan yang melibatkan kolega-kolega yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris, khususnya ketika ada tamu asing.

Dalam perkuliahan manajemen, seseorang harus bersiap-siap dengan membuat karya tulis atau makalah yang tentu saja didukung dengan proses membaca berbagai literatur. Sementara itu banyak literatur yang tertulis dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jika seseorang memiliki kompetensi bahasa Inggris yang memadai, maka tak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam memahami literatur tersebut.
Davis et al (1996: 16), mengatakan bahwa faktor-faktor seperti berbicara secara efektif, mengembangkan komunikasi terbuka, mendengarkan orang lain, menyajikan makalah dan menyiapkan komunikasi tertulis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan manajer. Kemampuan untuk berkomunikasi, dalam hal ini berbahasa efektif, adalah salah satu sumber daya yang harus dimiliki manajer dan menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu usaha. Bahasa Inggris telah menjadi entri kunci dalam hubungan bisnis global. Idealnya, sesuai dengan tuntutan globalisasi dimana persaingan semakin ketat pekerjaan, baik di dalam maupun di luar negeri, maka harus menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menguasai bahasa Inggris.
Manfaat bahasa Inggris dalam dunia bisnis tidak dapat disangkal lagi. Bahasa Inggris telah mendarah-daging dalam urat nadi bisnis seantero dunia. Bahasa inggris telah berperan sebagai wahana komunikasi dan interaksi penting di antara pebisnis dengan berbagai latar budaya dan bangsa. Dengan bahasa Inggris pemahaman lintas-budaya semakin mendalam sehingga dunia bisnis didukung untuk tumbuh dan berkembang pesat.

Salah satu dampak pertumbuhan bahasa Inggris adalah berkurangnya keragaman bahasa di berbagai belahan dunia. Pengaruh bahasa Inggris berperan penting dalam kepunahan bahasa. Sebaliknya, berbagai keragaman bahasa Inggris juga berpotensi menciptakan bahasa-bahasa baru dari waktu ke waktu.


Bahasa Inggris memiliki peran yang penting bagi perencanaan karir.  Dengan kalimat lain, bahasa Inggris tak dapat dipisahkan dengan upaya seorang calon karyawan untuk merancang karir, serta meniti karir atau profesi untuk meraih sebuah kesuksesan.

No comments:

Post a Comment