Bahasa Inggris adalah bahasa dominan, bahkan
ditetapkan sebagai bahasa internasional dalam
bidang komunikasi. Kemampuan
berbahasa Inggris telah menjadi kebutuhan dalam sejumlah bidang ilmu,
pekerjaan, dan profesi misalnya manajer, sales promotion & administrator;
sebagai akibatnya, lebih dari satu miliar orang di dunia bisa berbahasa Inggris
setidaknya pada tingkat dasar.
Kemampuan bahasa Inggris yang memadai dibutuhkan saat bekerja
kelak, terutama saat berhubungan dengan komputer, internet, atau surat-menyurat
dengan pihak asing. Basaha Inggris juga bermanfaat pada saat melakukan
komunikasi atau sosialisasi dalam perusahaan yang melibatkan kolega-kolega yang
terbiasa menggunakan bahasa Inggris, khususnya ketika ada tamu asing.
Dalam perkuliahan manajemen, seseorang harus
bersiap-siap dengan membuat karya tulis atau makalah yang tentu saja didukung
dengan proses membaca berbagai literatur. Sementara itu banyak literatur yang
tertulis dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jika seseorang memiliki
kompetensi bahasa Inggris yang memadai, maka tak akan mengalami kesulitan yang
berarti dalam memahami literatur tersebut.
Davis et al (1996: 16), mengatakan bahwa
faktor-faktor seperti berbicara secara efektif, mengembangkan komunikasi
terbuka, mendengarkan orang lain, menyajikan makalah dan menyiapkan komunikasi
tertulis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan manajer. Kemampuan untuk
berkomunikasi, dalam hal ini berbahasa efektif, adalah salah satu sumber daya yang
harus dimiliki manajer dan menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu usaha.
Bahasa Inggris telah menjadi entri kunci dalam hubungan bisnis global. Idealnya,
sesuai dengan tuntutan globalisasi dimana persaingan semakin ketat pekerjaan,
baik di dalam maupun di luar negeri, maka harus menjadi Sumber Daya Manusia
(SDM) Indonesia menguasai bahasa Inggris.
Manfaat bahasa Inggris dalam dunia bisnis tidak dapat
disangkal lagi. Bahasa Inggris telah mendarah-daging dalam urat nadi bisnis seantero
dunia. Bahasa inggris telah berperan sebagai wahana komunikasi dan interaksi
penting di antara pebisnis dengan berbagai latar budaya dan bangsa. Dengan
bahasa Inggris pemahaman lintas-budaya semakin mendalam sehingga dunia bisnis
didukung untuk tumbuh dan berkembang pesat.
Salah
satu dampak pertumbuhan bahasa Inggris adalah berkurangnya keragaman bahasa di berbagai belahan dunia. Pengaruh
bahasa Inggris berperan penting dalam kepunahan
bahasa. Sebaliknya, berbagai keragaman bahasa Inggris juga berpotensi
menciptakan bahasa-bahasa baru dari waktu ke waktu.
Bahasa Inggris memiliki peran yang penting bagi perencanaan
karir. Dengan kalimat lain, bahasa Inggris tak dapat dipisahkan dengan
upaya seorang calon karyawan untuk merancang karir, serta meniti karir atau
profesi untuk meraih sebuah kesuksesan.
No comments:
Post a Comment